Daerah Liburan di Indonesia yang Populer dan Mendunia

Sudahkah Anda mempunyai agenda berwisata di tahun 2023 atau malah dalam waktu dekat ini? Bertamasya di masa pandemi memang bukanlah kesibukan yang gampang. Perlunya memakai protokol kesehatan dan senantiasa menjaga keadaan konsisten prima ialah hal yang sepatutnya dipersiapkan. Beragam upaya terus dilaksanakan pemerintah supaya sektor pariwisata Indonesia tumbuh bangkit. Diantaranya dengan membangun sirkuit MotoGP dan F1 pertama di Indonesia, menentukan destinasi 10 Bali Baru, serta pengimplentasian sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability) bagi spaceman slot pragmatic para pelaku dan pengelola industri tamasya. Tentunya, keinginan dalam waktu dekat ini, pandemi Covid-19 lantas sirna dan sektor pariwisata dunia terutama Indonesia kembali normal seperti sediakala.

Nah, sembari Sobat BFI merencanakan tamasya, kali ini regu BFI Finance memberikan 20 saran daerah tamasya di Indonesia yang cantik dan sudah mendunia! Wow, adakah list dibawah ini yang menjadi unggulan Anda? Yuk kita cari tahu!

Saran Daerah Liburan di Indonesia ala BFI Finance
1. Bali
Daerah tamasya di Indonesia yang mendunia yang pertama tak lain ialah Bali. Telah ratusan penghargaan yang diperoleh Bali sebagai destinasi tamasya terbaik dan unggulan dari arena internasional. Baru-baru ini, Bali masuk kedalam Top 4 Travelers’ Choice Awards 2022 Most Popular Destinations dari Tripadvisor. Berbincang-bincang mengenai Bali memang tak ada habisnya. Senantiasa ada daerah tamasya yang baru tiap tahunnya. Dari tamasya alam sampai adat istiadat, Bali memilikinya seluruh. Sebagian ikon tamasya Bali yang tenar merupakan Tanah Lot, Seminyak, Pura Luhur Uluwatu, Ubud, Danau Bedugul, dan masih banyak lagi.

Kalau Anda suka tamasya alam, Anda seharusnya mencoba mengunjungi Pulau Nusa Penida. Untuk menuju Pulau Nusa Penida, Anda memerlukan waktu kurang lebih 40 menit dari daratan utama Bali. Anda bisa menyaksikan bermacam-macam pantai pasir putih yang menakjubkan. Diantaranya ialah Pantai Diamond, Pantai Atuh, Pantai Crystal Bay, dan Pantai Kelingking yang ikonik, yang daratannya berbentuk menyerupai Tyrex.

2. Taman Nasional Komodo
Daerah tamasya di Indonesia berikutnya ialah Taman Nasional Komodo. Pantas dengan namanya, pulau ini yaitu habitat kadal purba raksasa Komodo yang cuma dapat ditemukan di Indonesia. Pulau Komodo terdiri dari tiga pulau utama merupakan Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. Taman Nasional Komodo berlokasi di ujung paling barat provinsi Nusa Tenggara Timur. Tak cuma bisa menyaksikan binatang prasejarah Komodo saja, terdapat sebagian destinasi tamasya lainnya di Wilayah Taman Nasional Komodo yang menarik untuk dikunjungi. Antara lain Labuan Bajo, Pink Beach, Liburan Istiadat Kampung Melo, dan snorkeling di Pulau Manjarite. Di Labuan Bajo, terdapat salah satu resort tenar yang didesain mirip seperti Santorini, Yunani. Kecuali itu, Anda bisa melaksanakan trip mengaplikasikan cruise untuk merasakan estetika jajaran Kepulauan Komodo dari atas laut.

3. Taman Nasional Bunaken
Daerah tamasya di Indonesia yang satu ini memperkenalkan estetika biota lautnya yang sungguh menakjubkan. Yap, Taman Nasional Bunaken yang berlokasi di provinsi Sulawesi Utara. Sama seperti Bali, Taman Nasional Bunaken telah lama menjadi primadona tamasya Indonesia. Dilegalkan semenjak tahun 1991, Wilayah Taman Nasional Bunaken mempunyai luas menempuh 89.065 hektare. Wilayah ini mencakup lima pulau utama merupakan Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Naen, Pulau Mantehage, dan Pulau Siladen.

Tak heran apabila Taman Nasional Bunaken mempunyai keanekaragaman biota laut yang kaya sebab berlokasi di zona sentra Segitiga Terumbu Karang yang memrentang di perairan Indonesia, Malaysia, dan Timor Leste. Terdapat kurang lebih 390 spesies terumbu karang, 2.000 spesies ikan karang, 200 spesies moluska, dan 8 spesies mamalia laut pada Wilayah Taman Nasional Bunaken. Wah, banyak sekali ya? Dari Kota Manado menuju Bunaken cuma memerlukan waktu kurang lebih 40 menit saja! Yuk ke Bunaken!

4. Raja Ampat
Kecuali Bunaken, daerah tamasya di Indonesia yang mempunyai keanekaragaman biota laut yang menakjubkan merupakan Raja Ampat, yang berlokasi di Provinsi Papua Barat. Raja Ampat yaitu salah satu Wilayah 10 Bali Baru yang dicanangkan pemerintah Indonesia semenjak tahun 2015. Tujuan didirikan 10 Bali Baru tak lain untuk memeratakan potensi tamasya yang ada Indonesia yang tak cuma berfokus di Bali saja. Pemilihan Raja Ampat sebagai destinasi 10 Bali Baru memang tak salah. Permata dari Timur ialah julukan yang ideal untuk Wilayah tamasya Raja Ampat. Bagaimana tak, Anda akan dipersembahkan oleh beningnya air laut dan pantai pasir putih yang masih natural. Saking bersihnya udara di Wilayah Raja Ampat, Anda bisa menyaksikan hamparan bintang yang jelas bercahaya pada malam hari.

Kepulauan Raja Ampat terdiri dari empat pulau utama merupakan Pulau Waigeo, Pulau Batanta, Pulau Salawati, dan Pulau Misool. Bagi pecinta diving dan snorkeling, Raja Ampat ialah surganya. Tak heran, Raja Ampat yaitu surga bagi 75% spesies karang yang ada di dunia, menurut data dari The Nature Conservancy and Conservation International. Terdapat kurang lebih 1.318 spesies ikan, 699 spesies moluska, dan 537 spesies terumbu karang tersebar di kedalaman laut Raja Ampat. Tahun 2023 menuju Raja Ampat?

5. Derawan
Berbincang-bincang mengenai pantai dan keanekaragaman dunia bawah laut, Indonesia memang tak ada habisnya. Daerah tamasya di Indonesia kali ini lokasinya di ujung utara Indonesia tepatnya di Kabupaten Berau, provinsi Kalimantan Timur. Destinasi tamasya hal yang demikian bernama Kepulauan Derawan. Tenaga tarik utama Kepulauan Derawan ini tentunya sajian pantai pasir putih yang luas dan taman bawah lautnya. Terdapat empat pulau utama dari gugusan pulau Derawan merupakan Pulau Maratua, Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, dan Pulau Kakaban. Di Pulau Maratua, Anda bisa menyaksikan estetika birunya laut, melaksanakan diving dan snorkeling, serta menyusuri Gua Halo Tabung. Sementara itu, di Pulau Kakaban Anda bisa berenang bersama ubur-ubur yang tak menyengat, tepatnya di Danau Air Payau! tak keok menarik, Pulau Derawan mempunyai destinasi tamasya Danau Labuan Cermin. Dari namanya, pasti Anda telah bisa menebak sebab airnya sungguh-sungguh bening yang malah bisa diterapkan untuk berkaca. Menarik bukan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *