Membandingkan Anggaran Timnas Indonesia, Keok Jauh dari Jepang dan Thailand

Indonesia menjadi salah satu negara dengan penggemar sepak bola terbesar di dunia. Tidak pelik, beraneka prestasi mau ditorehkan Timnas sepak bola Indonesia.

Terbaru, Timnas Indonesia menghasilkan beraneka sejarah di olahraga sepak bola ini. Di Bawah Pelatih Shin Tae-yong, Timnas Indonesia sukses meraih posisi ke-4 di ajang Piala Asia U-23.

Kini, target terdekat Persatuan Sepak Bola Semua Indonesia (PSSI) adalah bermain optimal di kualifikasi Piala Dunia 2026. Indonesia akan menghadapi Timnas Irak dan Filipna sebelum lolos ke babak selanjutnya.

Jikalau dahulu kita cuma dapat menanti mahjong ways permainan Timnas Indonesia jikalau ada gelaran Piala AFF, yang notabene kompetisi tingkat ASEAN, sekarang Timnas Sepak Bola Indonesia perlahan mulai berkancah di tingkat Asia. Malahan OTW di tingkat dunia.

Melihat dari anggaran sepak bola Indonesia, apakah sebanding dengan harapan para penggemar sepak bola Indonesia?

Dikutip dari Antara, Pekan (19/5/2024), PSSI mempertimbangkan jumlah anggaran sekitar Rp260 miliar yang diperlukan untuk pengelolaan PSSI yang sehat demi peningkatan mutu persepakbolaan Indonesia.

Perbandingan Anggaran Sepak Bola Indonesia
Anggaran sepak bola yang dikelola PSSI ini berasal dari Hak Siar Timnas Indonesia, Sponsor, Karcis perlombaan Timnas, bantuan pemerintah, dan lainnya.

Melihat ari negara lain, anggaran ini terbukti belum seberapa. Organisasi sepak bola Jepang saja, memiliki anggaran Rp 3,37 triliun untuk mengelola Timnas Jepang. Tidak cuma Jepang, Korea Selatan juga memiliki anggaran sepak bola Rp 1,85 triliun.

Untuk tahapan ASEAN, Indonesia kalah dengan Thailand, bahkan Singapura. Timnas Thailand memiliki anggaran Rp 1 triliun.

Berikut daftar anggaran sepak bola di sebagian negara:

Jepang: Anggaran Rp 3,37 triliun
Korea Selatan: Anggaran Rp 1,85 triliun
Australia: Anggaran 1,19 triliun
Thailand: Anggaran Rp 1 triliun
Vietnam: Anggaran Rp 1 triliun
Singapura: Anggaran Rp 336 miliar
Indonesia: Anggaran Rp 260 miliar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *